RSS

Samurai Champloo

24 Feb

Shinichiro Watanabe – sutradara anime yang pernah mengarahkan Cowboy Bebop, Macross 7, dan juga salah satu episode Animatrix – kembali dengan karyanya yang terbaru, Samurai Champloo. Sebagai satu-satunya anime yang dirilis pada tahun 2004 yang bertemakan sejarah samurai (setidaknya hingga saat preview ini ditulis), anime ini termasuk yang paling ditunggu oleh para penggemar anime di internet. Terbukti dengan adanya website-website khusus yang dibuat oleh fans tentang anime ini beberapa bulan sebelum penayangan perdananya di Fuji TV, pada tanggal 19 Mei 2004 yang lalu. Walaupun anime ini sejak awal telah dilisensi oleh Geneon Entertainment (USA) Inc., tampaknya para fans anime di luar amerika (dan jepang :P) tetap akan dapat menikmati fansubnya karena file torrent-nya sudah tersedia saat ini.
~ Story ~
Jin dan Mugen adalah dua orang samurai jaman Edo yang sifat dan gaya bertarungnya jauh berbeda. Dengan sifat keduanya yang sangat kontras, sulit untuk membayangkan mereka bisa berteman, namun tampaknya roda nasib mempertemukan mereka. Mugen yang sedang mengembara tanpa tujuan di sebuah kota, masuk ke sebuah kedai teh di mana ia bertemu dengan Jin dan Fuu (seorangpelayan wanita yang tampak biasa, tapi jangan dikira dia tidak punya
keahlian rahasia – salah satunya adalah nafsu makannya yg luar biasa :P). Fuu berhasil membujuk Jin dan Mugen untuk ikut bersamanya mencari seorang samurai misterius yang selalu menebarkan aroma bunga matahari, dan dimulailah perjalanan mereka menuju Kyoto, masing-masing dengan motifnya sendiri-sendiri.
~ Character ~

Mugen19 tahun, adalah orang yang paling berjiwa petualang di antara ketiga tokoh utamanya. Perawakannya menimbulkan kesan liar pada dirinya. Pemuda berinsting tajam ini menciptakan teknik pedangnya sendiri yang dia sebut “Champloo” (kok dia bisa kepikiran nama itu dari mana yah ^^), sebuah teknik bertarung unik yang mirip dengan gaya break dance. Bertolak belakang dengan Jin, Mugen adalah orang yang tidak mau berpikir yang susah-susah, dan dia juga sangat suka cewek.

Jin, 20 tahun, seorang samurai yang tampaknya berpendidikan. Dia membuang nama keluarganya dan memilih jalan pengembara demi menentukan jalan hidupnya sendiri (kayak Benitora dari Samurai Deeper Kyo yah ^^). Tubuhnya jangkung, dengan ekspresi yang selalu serius, ditambah kacamata membuatnya tampak lebih bijak dan cerdas dibanding 2 rekannya yg lain (bayangkan saja Seta dari Love Hina). Jin menggunakan teknik samurai tradisional namun kompleks, karena untuk menguasai tekniknya dibutuhkan latihan bertahun-tahun.

Fuu, 16 tahun, satu-satunya wanita dalam trio tokoh utama Samurai Champloo. Dia bekerja sambilan di sebuah kedai teh tempat mereka bertiga akhirnya bertemu. Fuu, adalah tipe wanita pekerja keras dan selalu bersemangat, juga doyan makan. Kerakusannya melebihi 2 orang rekannya (misterius sekali bagaimana ia bisa tetap tampak kurus :P).

~ Content ~

Desain karakter dalam Samurai Champloo benar-benar unik, semua karakternya tampak benar-benar kurus tak berdaging😛, sama sekali berbeda dengan gaya desain karakter dalam anime karya Watanabe sebelumnya, Cowboy Bebop. Tapi bukan berarti jadi tidak bagus, karena imej karakternya tetap sesuai dengan sifatnya masing-masing. Animasi dan desain karakter anime ini ditangani oleh Kazuto Nakazawa yang sudahsangat berpengalaman dalam industri anime (El Hazard, Fatal Fury, Ashita No Nadja, Bubblegum Crisis, dll). Ia menunjukkan kebolehannya dalam Samurai Champloo dengan adegan-adegan pertarungan yang sangat indah dan dramatis. Dalam adegan-adegan tersebut Nakazawa menggunakan paduan gerak lambat dan cepat, dengan animasi yang halus dan penuh gerakan dinamis terutama melalui teknik Champloo milik Mugen.  Selain desain karakter, desain senjata-senjata yang muncul dalam Samurai Champloo ditangani oleh orang yang berbeda, yaitu Mahiro Maeda yang karya-karyanya (yang keren ^^) bisa dilihat pada mecha-mecha yang muncul di anime Vandread dan Escflowne. Efeknya sudah bisa dilihat, perhatikan pedang yang dipakai oleh Mugen tidak seperti pedang samurai pada umumnya. Dan mungkin akan muncul senjata-senjata yang lebih fancy di episode-episode selanjutnya (catatan: ini hanya spekulasi ^^).

Sayangnya Yoko Kano, penanggung jawab musik untuk Cowboy Bebop tidak lagi ikut serta dalam pembuatan Samurai Champloo, sehingga dari segi musik anime ini agak mengecewakan, setidaknya buat saya yang ngga suka musik rap atau hip-hop. Tapi mungkin ini juga disengaja, karena dari awal anime ini sudah mendobrak pakem cerita samurai, dengan gaya bertarung Champloo “break dance”-nya Mugen, kaca matanya Jin, dan gaya hiper aktifnya Fuu serta tentu saja musik pengiringnya yg memberikan sentuhan yg tidak biasa buat atmosfer anime ini. Sebagaimana Cowboy Bebop yang bersetting futuristik, tapi karakter-karakternya bergaya selayaknya western cowboy dan diiringi musik-musik jazz tradisional. Musik dalam anime Champloo ditangani oleh Tsujie, DJ dari Shakka Zombie dan artis-artis lain yang berpengalaman dalam membuat musik rap, hip-hop, dan tentu saja… break dance. Lagu openingnya berjudul “Battlecry”, sebuah lagu rap yang dinyanyikan oleh Nujabes (feat. SHINGO2) dan endingnya berjudul “Truth Of Eye” yang dinyanyikan oleh Minmi.

Skrip cerita Samurai Champloo digarap oleh Dai Sato, yang sebelumnya juga membuat skrip untuk Cowboy Bebop dan Shinji Obara, seorang pendatang baru dalam industri anime. Dai Sato bisa dibilang sebagai tangan kanan Shinichiro Watanabe, dan sebagaimana yang hasil kerjanya di anime Cowboy Bebop, fans bisa berharap akan ada perkembangan plot yang bagus dalam Samurai Champloo (tapi saya sendiri berharap, semoga endingnya jangan sampai seperti Cowboy Bebop :P).

Website official Samurai Champloo bisa dilihat di http://www.samuraichamploo.com. Pengunjung bisa memperoleh trailer di sini, dan ada juga art gallery.

Secara keseluruhan, Samurai Champloo adalah anime yang lain dari pada yang lain, sehingga bagus-tidaknya tergantung selera masing-masing penonton. Dan fans akan sulit membandingkannya dengan anime lain yang temanya sejenis, bagaimana mau dibilang lebih bagus atau lebih jelek sedangkan gayanya saja sudah berbeda. Tapi yang jelas, daya tarik utama anime ini adalah dari keunikannya itu, dan nantinya (saya harap) ceritanya berkembang dengan plot yang juga tidak kalah menarik.

Download Links: http://www.mediafire.com/?3z49f6z6haqq4

 
Leave a comment

Posted by on February 24, 2011 in Anime

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: