RSS

Conduit, Cable Tray, & Wiring Closet

25 Oct

Conduit

Conduit merupakan sistem perpipaan listrik yang digunakan untuk perlindungan dan routing kabel listrik. Conduit dapat terbuat dari logam, plastik, serat atau tanah liat. Conduit Fleksibel tersedia untuk tujuan khusus.
Conduit umumnya dipasang di lokasi pemasangan peralatan listrik. Penggunaannya, bentuk, dan rincian instalasi sering ditentukan oleh peraturan kelistrikan, seperti Amerika Serikat NEC atau kode nasional atau lokal lainnya.
Instalasi penerangan listrik awal memanfaatkan pipa gas yang ada untuk peralatan gas cahaya (dikonversi ke lampu listrik). Karena teknik ini memberikan perlindungan yang sangat baik untuk jaringan kabel interior, itu diperluas ke semua jenis kabel interior dan oleh kopling awal abad ke-20 tujuan-dibangun dan fitting yang diproduksi untuk penggunaan listrik.

Perbandingan dengan metode kabel lainnya
Conduit memberikan perlindungan yang sangat baik untuk konduktor tertutup dari dampak, air, dan uap kimia. Nomor Variasi, ukuran, dan jenis konduktor dapat ditarik ke dalam saluran, yang menyederhanakan rancangan dan konstruksi dibandingkan dengan menjalankan beberapa kabel atau kabel komposit biaya disesuaikan. Perubahan kabel sering dibuat lebih sederhana dan lebih aman melalui penggunaan saluran listrik, sebagai konduktor yang ada dapat ditarik dan konduktor baru dipasang, dengan sedikit gangguan di sepanjang jalan saluran tersebut. Sebuah sistem saluran dapat dibuat tahan air atau di bawah air. Logam saluran dapat digunakan untuk melindungi sirkuit sensitif dari interferensi elektromagnetik, dan juga dapat mencegah emisi gangguan tersebut dari kabel listrik tertutup.
Bila dipasang dengan kelengkapan penyegel yang tepat, saluran tidak akan membolehkan aliran gas yang mudah terbakar dan uap, yang memberikan perlindungan dari bahaya terjadinya percikan api apalagi ledakan di daerah penanganan zat volatil.
Beberapa jenis saluran yang disetujui untuk bungkus langsung pada beton. Hal ini umumnya digunakan di gedung-gedung komersial untuk memungkinkan outlet listrik dan komunikasi yang harus dipasang di tengah daerah terbuka besar. Misalnya, kasus menampilkan ritel dan daerah terbuka-kantor menggunakan lantai-mount kotak saluran dapat terhubung kabel listrik dan komunikasi.
Kedua saluran logam dan plastik dapat menjadi bengkok di tempat kerja untuk memungkinkan instalasi rapi tanpa berlebihan jumlah fitting diproduksi. Biaya instalasi saluran pipa lebih tinggi daripada metode pengkabelan lain karena biaya bahan baku dan tenaga kerja. Dalam aplikasi seperti pembangunan perumahan, tingkat perlindungan yang tinggi kerusakan fisik tidak diperlukan sehingga biaya saluran tidak dibenarkan. Konduktor dipasang di dalam saluran tidak dapat mengusir panas yang mudah seperti yang dipasang dalam jaringan kabel terbuka, sehingga kapasitas yang ada setiap konduktor harus dikurangi jika banyak dipasang dalam satu saluran. Hal ini tidak praktis, dan dilarang oleh peraturan kabel, untuk memiliki lebih dari 360 derajat lengkungan total ada dari saluran, fitting outlet sehingga khusus harus disediakan untuk memungkinkan konduktor akan dipasang tanpa kerusakan. Sementara saluran logam dapat digunakan sebagai konduktor grounding, panjang sirkuit terbatas.

Tipe conduit

Ada Beberapa Tipe Conduit, yaitu :

  • Rigid Metal Conduit (RMC)
  • Rigid Nonmetallic Conduit (RNC)
  • Galvanized rigid conduit (GRC)
  • Electrical metallic tubing (EMT)
  • Electrical Nonmetallic Tubing (ENT)
  • Flexible Metallic Conduit (FMC)
  • Liquidtight Flexible Metal Conduit (LFMC)
  • Flexible Metallic Tubing (FMT)
  • Liquidtight Flexible Nonmetallic Conduit (LFNC)
  • Aluminum conduit
  • Intermediate metal conduit (IMC)
  • PVC conduit
  • Other metal conduits
  • Underground conduit

Cable tray

Dalam  pembuatan kabel listrik /pengkabelan, sistem cable tray digunakan untuk mendukung pengisolasian kabel listrik yang digunakan untuk distribusi listrik dan komunikasi. Cable tray digunakan sebagai alternatif untuk membuka sistem kabel atau saluran listrik. Kabel tray biasanya digunakan untuk memanajemen kabel dalam konstruksi komersial dan industri. Cable tray sangat berguna ketika mengantisipasi perubahan sistem kabel , karena kabel baru dapat diinstal dengan meletakkan mereka dalam baki, bukan menarik mereka melalui pipa.

cable tray ini umum terbuat dari baja galvanis (galvanis steel), stainless steel, aluminium, atau kaca-serat yang diperkuat plastik. Bahan untuk sebuah aplikasi tertentu dipilih berdasarkan ketahanan korosi yang diperlukan untuk lokasi.

Wiring closet

adalah sebuah ruangan kecil yang biasanya ditemukan pada bangunan kelembagaan seperti sekolah dan kantor, di mana sambungan listrik dilakukan. Sedangkan yang digunakan untuk berbagai tujuan, penggunaan yang paling umum adalah untuk jaringan komputer. Banyak jenis koneksi jaringan untuk menetapkan batas jarak antara peralatan end-user seperti PC , akses perangkat pada jaringan, seperti router. Pembatasan ini mungkin memerlukan beberapa wiring closet di setiap lantai gedung besar.

untuk lebih jelasnya mengenai pembahasan kali ini, silahkan cek sumber di bawah ini :

  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Conduit_(electrical)
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Cable_tray
  3. http://en.wikipedia.org/wiki/Wiring_closet
 
Leave a comment

Posted by on October 25, 2010 in Instalasi LAN

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: